Pinder | Sepatu Futsal dan Rekomendasi Produk Lainnya Oleh Bayu Saptaji

Sepatu Futsal dan Rekomendasi Produk Lainnya Oleh Bayu Saptaji

ditulis oleh Emeraldo Faris 7 bulan yang lalu

Pentingnya Menggunakan Produk yang Tepat Untuk Bermain Futsal

Bayangkan apa jadinya ketika permainan futsal kita ‘menggila’ dan kita mendominasi permainan; selalu akurat mengumpan, mengontrol bola dengan sempurna dan memasukkan banyak gol di setiap pertandingan. Kita semua tau bahwa performa kita dilapangan dipengaruhi beberapa faktor penting; salah satunya pemilihan produk yang tepat.

 

Sepatu adalah salah satu alat terpenting yang dapat meningkatkan performa permainan kita sebagai pemain futsal. Namun banyaknya pilihan sepatu di pasaran dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda membuat sebagian dari kita bingung untuk memilih. Kami mencoba mencari tahu pendapat dan rekomendasi seorang pemain top di olahraga futsal Indonesia, Bambang Bayu Saptaji.

 

Tentang Bayu Saptaji

Bayu adalah salah satu pemain futsal kebanggaan Indonesia yang menjadi pemain futsal Indonesia pertama yang membela klub Tiongkok. Ia masih berusia 18 tahun ketika memulai karir di liga profesional, dengan membela klub Electric PLN, kemudian setahun kemudian dipanggil untuk membela timnas futsal senior. Bayu sering bermain sebagai flank/ pemain sayap yang mengandalkan kecepatan dan kelincahan. Pada laga terakhirnya di AFF Futsal 2016 kemarin, ia mencetak hattrick kala melawan Laos dengan skor akhir 19-1 untuk kemenangan Indonesia.

Bayu Saptaji bawa Dalian Yuan Dinasty Juarai Liga Futsal Tiongkok. (Sumber: Youtube)

 

Berikut adalah produk-produk penunjang performa futsal didalam maupun diluar lapangan yang Bayu Saptaji rekomendasikan:

1. Sepatu

Nike Hypervenom Proximo


Gambar Sepatu Nike Hypervenom Proximo

 

Didesain untuk:

Speed (Kecepatan)

Agility (Kelincahan)

 

Direkomendasikan Untuk:

Posisi Flank/ Sayap

 

Ulasan versi Bayu Saptaji:

“Selain karena nyaman, sepatu ini bagus buat meningkatkan kecepatan dan juga untuk agility/ kelincahan, gerakan kita jadi lebih luwes.

Sepatu itu ngaruh banget ke performance kita, dan setiap sepatu itu punya fitur/ kekuatan utama masing-masing.. Ada yang bagus untuk passing, ada juga yang bagus untuk kontrol. Kalo kita make sepatu yang tipe passing, itu untuk passing dan shooting itu enak, tapi kalo kita pake buat sprint, atau kontrol bola sambil lari, sepatu khusus passing ini saya rasa kurang ngebantu ya...”

 

Nike Hypervenom

 

Nike Hypervenom Phelon II IC

Klik disini untuk membeli

 

Didesain untuk:

Speed (Kecepatan)

Agility (Kelincahan)

 

Direkomendasikan Untuk:

Posisi Flank/ Sayap

 

Ulasan versi Bayu Saptaji:

"Untuk budget yang menengah, saya masih ngerekomendasiin Nike Hypervenom tapi versi yang se mata kaki, fungsinya hampir sama, cuma kalo ini versi lebih ekonomis aja.."

 

Nike Magista

 Gambar Nike Magista

Klik disini untuk membeli

 

Didesain untuk:

Control

Passing

Crossing

 

Ulasan versi Bayu Saptaji:

"Untuk budget lebih rendah, saya pernah nyoba Magista dan ini enak kok, buat kontrol bagus, buat umpan bagus."

 

2. Suplemen, Vitamin dan Produk yang Dikonsumsi

C2Fit

C2 Fit

Klik disini untuk membeli

 

Ulasan versi Bayu Saptaji:

"C2Fit itu suplemen makanan, yang diminum sehari sekali dan bagus buat atlet, saya rekomendasiin karena atlet berhubungan banget dengan aktivitas yang bikin cape. Vitamin itu ngaruh loh, kalo saya sendiri di tim, pasti latihan sehari 2 kali, jam 7 sampai 9 dan jam 4 sampai 6. Dengan porsi yang seperti itu, cukup melelahkan ya.. Dan sejak saya minum suplemen seperti C2Fit ini, latihan kedua yang biasanya capeee banget, saya jadi ngerasa masih bisa ngejalanin latihan yang berat, gitu.. Cape sih cape, Cuma kebugarannya jadi tetap terjaga. Saya sih ngerekomendasiin buat atlet amatir maupun pro yang punya jadwal yang cukup ketat supaya minum C2Fit ini agar kebugaran selalu terjaga."

 

Pocari Sweat

Pocari Sweat

Klik disini untuk membeli

 

Ulasan versi Bayu Saptaji:

"Selalu minum Pocari Sweat di lapangan, karena Pocari Sweat ini kan cairan pengganti ion tubuh ya, jadi cepetlah ngegantiin cairan di tubuh kita.

Misal lagi latihan dan main gantian nih, pas break diganti kita minum cairan pengganti ion tubuh, pas main lagi udah fit lagi, gitu.. Kebanyakan orang kan minum air putih ya, air putih bagus, Cuma kalo kebanyakan efeknya kembung.. Jadi kalo lagi tanding atau latihan, saya rekomendasikan Pocari Sweat."

 

3. Perlengkapan Pendukung

Sports Tape/ Perban Olahraga

Sports Tape

Klik disini untuk membeli

 

Ulasan versi Bayu Saptaji:

"Sebagai atlet, kita harus sedia taping terus sih. Ketika kita ada otot yang sakit, misal hamstring, kita bisa pake di bagian hamstring. Saya juga pernah cedera lutut nih, nah itu ditaping supaya mencegah cedera lagi. Taping itu fungsinya mencegah pergerakan tulang atau otot yang tidak semestinya, misal sendi lutut yang harusnya bergerak ke depan aja, dengan adanya taping, dia menaga agar tulangnya ga akan ke samping. Jadi untuk permainan yang memakai banyak kegiatan fisik, taping itu penting banget. Ketika lagi cedera  (misalnya keseleo) tapi kita harus tetap mainpun, kita bisa taping dulu untuk mencegah cederanya bertambah parah."

 

Tips dari Bayu Saptaji

Memilih dan Menyiapkan Sepatu serta Produk Penunjang Lainnya

  1. Untuk memilih sepatu, selalu utamakan kenyamanan, kemudian baru fungsi utama sepatu tersebut. Sesuaikan sepatu pilihan kamu dengan yang kamu butuhkan (misalnya pilih kecepatan atau kontrol), sesuaikan juga dengan posisi kamu di tim.
  2. Untuk diluar lapangan, selalu jaga kebugaran tubuh dengan minum air putih dan vitamin jika jadwal kamu cukup padat dan melelahkan.
  3. Didalam lapangan, disarankan untuk selalu sedia minuman pengganti ion tubuh seperti Pocari Sweat pada saat latihan maupun saat tanding. Karena jika perlu mengganti cairan tubuh dengan cepat, Pocari Sweat ini sangat saya rekomendasikan.
  4. Selalu sedia taping, karena kita harus menjaga aset terpenting pada diri kita yaitu badan kita sendiri. Taping juga sangat berguna ketika kita cedera ringan namun harus tetap bermain.

Berlatih dan Bermain Futsal

  1. Perbanyak latihan, dan kalau mau sukses, kita harus latihan dan berdoa lebih dari orang lain.
  2. Untuk meningkatkan performa individu, terutama kelincahan, saya lebih menyarankan untuk melakukan skipping daripada jogging. Skipping dapat meningkatkan fisik & stamina, koordinasi, juga kelincahan.
  3. Jika bisa, ikuti cara latihan "role model" kamu. Karena saya suka cara bermain Neymar, saya selalu menyempatkan diri menonton metode latihannya.
  4. Jika ada keterbatasan alat, saya biasanya melakukan latihan yang bisa saya lakukan dirumah, misal push up, sit up, back up, dan skipping.
  5. Jangan pernah merasa puas, selalu upgrade skill. Kalo kita sudah merasa puas, habislah karir kita.

 

 

Itulah tadi hasil wawancara kami dengan Bayu Saptaji, yang kami rasa dapat membantu kamu memilih produk yang dapat menunjang permainan futsal kamu.

Bagaimana menurut kalian tentang artikel ini? Komen dibawah yaa!

 

---

Klik disini untuk follow Bayu Saptaji di Pinder.

Ingin diliput oleh Pinder seperti Bayu Saptaji? Klik untuk beritahu kami via email.

Punya sepatu atau produk lain yang juga kamu rekomendasikan? Bagikan pengalaman itu dan bantu konsumen lain: Klik disini.