Pinder | Cara Komplain yang Efektif Setelah Belanja Online

Cara Komplain yang Efektif Setelah Belanja Online

ditulis oleh Emeraldo Faris 8 bulan yang lalu

Pernahkah kamu membeli sesuatu via internet, kemudian barang yang kamu pesan tidak sesuai? Pasti kesal kan? Berikut cara yang efektif untuk melakukan komplain, baik itu komplai di Marketplace (Lazada, Tokopedia, Bukalapak) maupun jasa pengiriman barang (JNE, SiCepat, POS Indonesia)

 

1. Googling "Customer Service *Nama Brand/ Toko/ Jasa*"

 Googling Customer Service

Kamu bisa melakukan komplain ke kontak yang ada di laman tersebut, rata-rata sih responnya akan memakan waktu lebih dari 1x24 jam.

 

2. Komplain via social media brand/ toko/ jasa.

Social Media (Twitter)

Rata-rata brand/ toko online/ jasa sudah memiliki akun social media, baik itu Twitter, Facebook atau Instagram. Biasanya, brand akan lebih responsif terhadap pertanyaan di Twitter, namun ada juga yang aktif membalas di Instagram & Facebook. Untuk memastikannya, coba cek postingan-postingan mereka. Jika mereka terlihat aktif membalas komentar konsumen, berarti kemungkinan besar komplain kamu akan ditanggapi juga. Hindari DM karena lebih sulit untuk melacak DM kamu dibandingkan kamu langsung berkomentar di salah satu postingan mereka. Jangan lupa dimention!

 

3. Hubungi kenalan/ orang dalam perusahaan.

LinkedIn Lazada

Cara ini kurang dianjurkan karena LinkedIn biasanya digunakan untuk berhubungan sesama bisnis, namun ketika masalahmu cukup berat/ fatal dan/atau komplainmu tidak juga diselesaikan, kamu bisa coba mencari informasi mengenai orang yang bekerja di dalam perusahaan tersebut. Jika orang dalam mengingatkan divisi Customer Service, biasanya akan segera diproses (pengalaman pribadi). Namun jika tidak ada kenalan, coba cari di Linkedin, mungkin saja ada teman yang dapat membantu.

 

Catatan:

Orang-orang dibalik meja customer service adalah perwakilan perusahaan untuk menjawab keluhan atau komplain kamu, jadi jangan dimaki-maki yaa.. Walaupun perusahaannya ada salah/ miskomunikasi, coba pakai bahasa yang sopan dan tidak menyerang, pasti mereka akan merespon sebaik mungkin.

 

Catatan Tambahan:

Saya menggunakan Lazada sebagai contoh bukan karena Lazada banyak komplain, tapi karena Lazada adalah salah satu toko online terbesar di Indonesia, biar semua bisa paham :)

 

Semoga masalah kamu teratasi yaa!